Slider

Mengenal Kesenian Kabupaten Indramayu

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kebudayaan dan adat istiadatnya. Setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Kabupaten Indramayu terletak dibagian utara provinsi Jawa Barat dengan akulturasi antara budaya jawa dan sunda memiliki banyak sekali kebudayaan yang unik dan harus dilestarikan. Berikut ini merupakan kebudayaan yang ada di Kabupaten Indramayu.

1. Ngarot 

Ngarot sudah ada sejak abad ke 16 dan sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat di desa        Lelea setiap menjelang penggarapan sawah, dalam rangka memohon agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.





2. Jaringan

Jaringan merupakan upacara yang dilakukan oleh kaum remaja yang bertujuan untuk mencari pasangan hidup yang dilaksanakan pada malam bulan purnama.



3. Mapag Tamba

Upacara yang dilakukan untuk tujuan mengusir banyak penyakit, dengan cara membawa air tamba ke dalam bumbung bambu yang berasal Kasepuhan atau Sumber untuk disiramkan air yang mengalir ke sawah pada sawah yang berada dibatas desa.



4. Sedekah Bumi

Upacara yang dilaksanakan oleh petani padas saat akan turun menggarap sawahnya. Biasanya dilakukan pada saat awal musim penghujan sekitar bulan Oktober dan Desember.





5. Nadran

Upacara ini merupakan cerminan dari hubungan antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa berupa ugkapan rasa syukur akan hasil tangkapan ikan dan dan pengharapan akan hasil tangkapan ikan ditahun berikutnya




Sumber : Diskominfo Indramayu 


Puskesmas Kiajaran Wetan SIAP mewujudkan INDRAMAYU BERMARTABAT


#IndramayuBermatabat

#DenganHati

#IndramayuPunyaCerita

#InfoBermartabat

#PuskesmasKiajaranWetan

#SIAP







Posting Komentar

0 Komentar